Jumat, 04 September 2009

Kerajaan Seribu Tahun atau Millenium

Kerajaan Seribu Tahun atau Millenium (Mille=seribu, Annum=tahun) adalah topik yang sangat menarik sekitar peristiwa-peristiwa yang terjadi pada akhir jaman, yang dipelajari dalam Eskatologi ("eschatos" dalam bahasa Yunani artinya akhir, sedangkan "logos" adalah studi atau ilmu).

Millenium kita pahami berdasarkan Wahyu 20:2-7

(1) Lalu aku melihat seorang malaikat turun dari sorga memegang anak kunci jurang maut dan suatu rantai besar di tangannya;
(2) ia menangkap naga, si ular tua itu, yaitu Iblis dan Satan. Dan ia mengikatnya seribu tahun lamanya,
(3) lalu melemparkannya ke dalam jurang maut, dan menutup jurang maut itu dan memeteraikannya di atasnya, supaya ia jangan lagi menyesatkan bangsa-bangsa, sebelum berakhir masa seribu tahun itu; kemudian dari pada itu ia akan dilepaskan untuk sedikit waktu lamanya. .
(4) Lalu aku melihat takhta-takhta dan orang-orang yang duduk di atasnya; kepada mereka diserahkan kuasa untuk menghakimi. Aku juga melihat jiwa-jiwa mereka, yang telah dipenggal kepalanya karena kesaksian tentang Yesus dan karena firman Allah; yang tidak menyembah binatang itu dan patungnya dan yang tidak juga menerima tandanya pada dahi dan tangan mereka; dan mereka hidup kembali dan memerintah sebagai raja bersama-sama dengan Kristus untuk masa seribu tahun. (
(5) Tetapi orang-orang mati yang lain tidak bangkit sebelum berakhir masa yang seribu tahun itu. Inilah kebangkitan pertama. (
(6) Berbahagia dan kuduslah ia, yang mendapat bagian dalam kebangkitan pertama itu. Kematian yang kedua tidak berkuasa lagi atas mereka, tetapi mereka akan menjadi imam-imam Allah dan Kristus, dan mereka akan memerintah sebagai raja bersama-sama dengan Dia, seribu tahun lamanya.
(7) Dan setelah masa seribu tahun itu berakhir, Iblis akan dilepaskan dari penjaranya
8) dan ia akan pergi menyesatkan bangsa-bangsa pada keempat penjuru bumi, yaitu Gog dan Magog, dan mengumpulkan mereka untuk berperang dan jumlah mereka sama dengan banyaknya pasir di laut


Milenium adalah masa keemasan, karena Iblis akan dibelenggu, dan Injil akan diberitakan ke seluruh dunia tanpa halangan. Kapankah tepatnya masa ini akan terjadi ? Pada umumnya ada 3 macam pendapat, yang terangkum dalam 3 paham yang berbeda, yaitu Postmilenialisme, Premilenialisme dan Amilinealisme.

Postmilenialisme:
Kedatangan Kristus yang kedua pada akhir jaman atau kiamat, terjadi sesudah milenium. Jadi pada milenium, Pekabaran Injil akan dilakukan oleh Gereja dalam suasana damai dan makmur, ke seluruh dunia tanpa halangan, untuk menyambut kedatangan Kristus yang kedua. Paham ini disampaikan pertama kali oleh Daniel Whitby (1638-1726) dari Inggris.

Premilenialisme:
Kedatangan Kristus yang kedua terjadi sebelum milenium. Jadi kedatangan Kristus harus terjadi sebelum pemerintahanNya di bumi selama seribu tahun.

Wahyu 20:4 Lalu aku melihat takhta-takhta dan orang-orang yang duduk di atasnya; kepada mereka diserahkan kuasa untuk menghakimi. Aku juga melihat jiwa-jiwa mereka, yang telah dipenggal kepalanya karena kesaksian tentang Yesus dan karena firman Allah; yang tidak menyembah binatang itu dan patungnya dan yang tidak juga menerima tandanya pada dahi dan tangan mereka; dan mereka hidup kembali dan memerintah sebagai raja bersama-sama dengan Kristus untuk masa seribu tahun.

Pengadilan terakhir bagi manusia yang baik maupun jahat menurut paham ini belum terjadi pada masa ini. Penghakiman dilakukan setelah Masa 1000 tahun ini berakhir.

Wahyu 20:5 Tetapi orang-orang mati yang lain tidak bangkit sebelum berakhir masa yang seribu tahun itu. Inilah kebangkitan pertama.

Jadi pada Kedatangan Kristus yang kedua, orang percaya akan bangkit dan memerintah bersama Kristus, sedangkan yang tidak percaya belum dibangkitkan. Setelah milenium berakhir, barulah orang-orang ini dibangkitkan untuk diadili bersama orang percaya, dan orang yang tidak percaya akan dihukum.

Amilenialisme :
Menurut paham ini, Milenium itu secara fisik tidak ada. Ayat-ayat Alkitab tentang Milenium atau Kerajaan Seribu Tahun harus diartikan sebagai masa di mana Gereja didirikan oleh rasul-rasul setelah turunnya Roh Kudus, dan Injil diberitakan ke seluruh dunia. Ini adalah jaman anugerah, di mana keselamatan ditawarkan kepada semua orang yang mau menerimanya. Pengikatan Iblis selama 1000 tahun menurut paham ini, terjadi mulai dari Tuhan Yesus disalib untuk menebus dosa umat manusia, sampai kedatanganNya yang kedua. Artinya, Iblis telah dikalahkan dan di dalam kemenangan Kristus itu, kita mengalahkan Iblis.

1 komentar:

  1. 7) Dan setelah masa seribu tahun itu berakhir, Iblis akan dilepaskan dari penjaranya
    8) dan ia akan pergi menyesatkan bangsa-bangsa pada keempat penjuru bumi, yaitu Gog dan Magog, dan mengumpulkan mereka untuk berperang dan jumlah mereka sama dengan banyaknya pasir di laut

    Apakah kita sekarang hidup di era ini?

    LBd1

    BalasHapus