Jumat, 04 September 2009

Ke-Allah-an Tuhan Yesus

Tulisan ini saya buat sekitar tahun 2003, ketika mempersiapkan diri menghadapi kedatangan Saksi-Saksi Yehova ke rumah saya. Saksi-Saksi Yehova selalu datang berdua sesuai dengan Mark 6:7 dan Luk 10:1. Mereka adalah pengabar-pengabar Injil yang sangat rajin dan konsisten memenuhi perintah untuk mengabarkan Injil dalam Mat 28:18-20. Tapi sayang, mereka mempunyai pandangan yang sesat, yaitu menganggap Tuhan Yesus sebagai mahluk/ciptaan, bukan Allah. Selain itu juga mereka tidak percaya adanya neraka sehingga tujuan akhir setiap orang adalah Surga atau Bumi yang baru bila percaya, atau kematian kekal/kemusnahan. Menurut mereka, Surga hanya diperuntukkan bagi 144.000 orang yang benar2 baik, sesuai dengan Wah 7:4, Wah 14:1,3, sedangkan bagi yang lainnya setelah kiamat, Tuhan akan menciptakan bumi yang baru (Wah 21:1). Mereka sangat rajin mempelajari Alkitab, sehingga menamakan diri Siswa-Siswa Alkitab, tapi sayangnya mereka sering melepaskan ayat-ayat Alkitab dari konteksnya, untuk mendukung pendapat mereka yang sesat. Setiap hari Sabtu, dua orang datang ke rumah saya untuk menginjili. Tanpa berdoa lebih dahulu, mereka langsung mengajak saya membaca beberapa ayat dari Alkitab. Saya memang gemar berdiskusi, terutama tentang agama, jadi saya menikmati pembicaraan itu. Setelah mereka pulang, saya mempelajari ayat-ayat yang tadi mereka bacakan kepada saya, agar siap menyampaikan argumen saya Sabtu yang akan datang. Berikut ini adalah ayat-ayat yang saya kumpulkan untuk membuktikan bahwa Tuhan Yesus adalah Allah.

Tuhan Yesus adalah Allah : Yesaya menubuatkan kedatangan Messias yang tak lain adalah Allah sendiri.
YES 9:5 Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai.

Yesaya juga menubuatkan Yohanes yang mempersiapkan kedatangan Juruselamat yang disebut Allah. Penggenapannya ditulis Matius dalam Mat 3:3.
YES 40:3 Ada suara yang berseru-seru: "Persiapkanlah di padang gurun jalan untuk TUHAN, luruskanlah di padang belantara jalan raya bagi Allah kita! MAT 3:3 Sesungguhnya dialah yang dimaksudkan nabi Yesaya ketika ia berkata: "Ada suara orang yang berseru-seru di padang gurun: persiapkanlah jalan untuk Tuhan, luruskanlah jalan bagiNya."

Dalam Yoh 1 : 1 - 3, Tuhan Yesus adalah Allah :
YOH 1:1 Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.
YOH 1:2 Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah.
YOH 1:3 Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan.

Yang disebutkan Firman itu adalah Tuhan Yesus sendiri, karena pada ayat 10 dan 11, dalam konteks ini disebutkan :
YOH 1:10 Ia telah ada di dalam dunia dan dunia dijadikan olehNya, tetapi dunia tidak mengenalNya.
YOH 1:11 Ia datang kepada milik kepunyaanNya, tetapi orang-orang kepunya-anNya itu tidak menerimaNya.

Pada Yoh 1:1 tadi dikatakan bahwa Firman itu bersama-sama dengan Allah. Pada ayat berikut ini hal lebih jelas lagi :
YOH 10:30 Aku dan Bapa adalah satu."

Tomas mengakui Tuhan Yesus sebagai Allah :
YOH 20:27 Kemudian Ia berkata kepada Tomas: "Taruhlah jarimu di sini dan lihatlah tanganKu, ulurkanlah tanganmu dan cucukkan ke dalam lambungKu dan jangan engkau tidak percaya lagi, melainkan percayalah."
YOH 20:28 Tomas menjawab Dia: "Ya Tuhanku dan Allahku!"

Rasul Paulus bersedih karena orang Israel yang merupakan bangsa terpilih ternyata tidak menerima Kristus, padahal mereka adalah keturunan bapa-bapa leluhur yang menurunkan Mesias. Dan Mesias ini adalah Allah sendiri yang harus dipuji selama-lamanya.
ROM 9:5 Mereka adalah keturunan bapa-bapa leluhur, yang menurunkan Mesias dalam keadaanNya sebagai manusia, yang ada di atas segala sesuatu. Ia adalah Allah yang harus dipuji sampai selama-lamanya. Amin!

Allah berbicara kepada manusia melalui AnakNya yaitu Tuhan Yesus. Tuhan Yesus adalah Allah yang menjadi manusia. Hanya dengan menjadi manusia Ia dapat turun ke dunia dan menebus manusia dari dosa. Dan Allah sendiri mengatakan bahwa Tuhan Yesus (Anak) adalah Allah. Memang Trinitas ini sangat sulit untuk dijelaskan, tetapi ini adalah suatu kebenaran.
IBR 1:3 Ia adalah cahaya kemuliaan Allah dan gambar wujud Allah dan menopang segala yang ada dengan firmanNya yang penuh kekuasaan. Dan setelah Ia selesai mengadakan penyucian dosa, Ia duduk di sebelah kanan Yang Mahabesar, di tempat yang tinggi,
IBR 1:8 Tetapi tentang Anak Ia berkata: "TakhtaMu, ya Allah, tetap untuk seterusnya dan selamanya, dan tongkat kerajaanMu adalah tongkat kebenaran."

Rasul Paulus mengajak kita seperti Kristus yang merendahkan DiriNya, walaupun dia setara dengan Allah.
FIL 2:5 Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus,
FIL 2:6 yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan,

Rasul Paulus juga menegaskan bahwa Tuhan Yesus adalah Allah yang menjadi manusia yang secara jasmani sama dengan kita.
KOL 2:9 Sebab dalam Dialah berdiam secara jasmaniah seluruh kepenuhan keAllahan Tuhan

Yesus adalah Pencipta : Penciptaan adalah hak yang hanya dimiliki oleh Allah, sehingga dengan kata lain Tuhan Yesus adalah Allah.
IBR 1:2 maka pada zaman akhir ini Ia telah berbicara kepada kita dengan perantaraan AnakNya, yang telah Ia tetapkan sebagai yang berhak menerima segala yang ada. Oleh Dia Allah telah menjadikan alam semesta.
KOL 1:16 karena di dalam Dialah telah diciptakan segala sesuatu, yang ada di sorga dan yang tidak kelihatan, baik singgasana, maupun kerajaan, baik pemerintah, maupun penguasa; segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia.

Tuhan Yesus telah ada sejak semula : Ia ada sebelum makhluk mulai diciptakan karena Ia adalah Pencipta, bukan makhluk :
KOL 1:17 Ia ada terlebih dahulu dari segala sesuatu dan segala sesuatu ada di dalam Dia.
YOH 8:58 Kata Yesus kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sebelum Abraham jadi, Aku ada."
YOH 17:5 Oleh sebab itu, ya Bapa, permuliakanlah Aku padaMu sendiri dengan kemuliaan yang Kumiliki di hadiratMu sebelum dunia ada.
WAH 21:6 FirmanNya lagi kepadaku: "Semuanya telah terjadi. Aku adalah Alfa dan Omega, yang Awal dan Yang Akhir. Orang yang haus akan Kuberi minum dengan cuma cuma dari mata air kehidupan.
WAH 21:7 Barangsiapa menang, ia akan memperoleh semuanya ini, dan Aku akan menjadi Allahnya dan ia akan menjadi anakKu.

Yang dikatakan tentang Allah dalam Perjanjian Lama sama dengan yang dikatakan Perjanjian Baru tentang Tuhan Yesus. Allah sebagai Penebus dalam kitab Yesaya, digenapi di dalam Kristus di dalam Kitab Roma, Titus dan Wahyu.
YES 63:16 Bukankah Engkau Bapa kami? Sungguh, Abraham tidak tahu apa-apa tentang kami, dan Israel tidak mengenal kami. Ya TUHAN, Engkau sendiri Bapa kami; namaMu ialah "Penebus kami" sejak dahulu kala.
ROM 3:24 dan oleh kasih karunia telah dibenarkan dengan cuma-cuma karena penebusan dalam Kristus Yesus.
TIT 2:14 yang telah menyerahkan dirinya bagi kita untuk membebaskan kita dari segala kejahatan dan untuk menguduskan bagi diriNya suatu umat, kepunyaanNya sendiri, yang rajin berbuat baik.
WAH 5:9 Dan mereka menyanyikan suatu nyanyian baru katanya: "Engkau layak menerima gulungan kitab itu dan membuka meterai meterainya; karena Engkau telah disembelih dan dengan darahMu Engkau telah membeli mereka bagi Allah dari tiap-tiap suku dan bahasa dan kaum dan bangsa.

Istilah Imanuel yang artinya Tuhan beserta kita, dalam Yesaya digenapi dalam Matius 1:23
YES 7:14 Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda: Sesungguhnya, seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia Imanuel.
MAT 1:23 "Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan menamakan Dia Imanuel" -- yang berarti: Allah menyertai kita.

Yesaya juga menubuatkan Yohanes yang mempersiapkan kedatangan Juruselamat yang disebut Allah. Penggenapannya ditulis Matius dalam Mat 3:3.
YES 40:3 Ada suara yang berseru-seru: "Persiapkanlah di padang gurun jalan untuk TUHAN, luruskanlah di padang belantara jalan raya bagi Allah kita!
MAT 3:3 Sesungguhnya dialah yang dimaksudkan nabi Yesaya ketika ia berkata: "Ada suara orang yang berseru-seru di padang gurun: persiapkanlah jalan untuk Tuhan, luruskanlah jalan bagiNya."

Tuhan Yesus dan Allah adalah satu Karena Tuhan Yesus dan Allah adalah satu maka Ia adalah Allah :
YOH 14:7 Sekiranya kamu mengenal Aku, pasti kamu juga mengenal BapaKu. Sekarang ini kamu mengenal Dia dan kamu telah melihat Dia."
YOH 14:8 Kata Filipus kepadaNya: "Tuhan, tunjukkanlah Bapa itu kepada kami, itu sudah cukup bagi kami."

YOH 14:9 Kata Yesus kepadanya: "Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku? Barangsiapa telah melihat AKu, ia telah melihat Bapa; bagaimana engkau berkata: Tunjukkanlah Bapa itu kepada kami.
YOH 14:10 Tidak percayakah engkau, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku? Apa yang Aku katakan kepadamu, tidak Aku katakan dari diriKu sendiri, tetapi Bapa, yang diam di dalam Aku, Dialah yang melakukan pekerjaanNya.
YOH 14:11 Percayalah kepadaKu, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku; atau setidak-tidaknya, percayalah karena pekerjaan-pekerjaan itu sendiri.
MAT 11:27 Semua telah diserahkan kepadaKu oleh BapaKu dan tidak seorangpun mengenal Anak selain Bapa, dan tidak seorangpun mengenal Bapa selain Anak dan orang yang kepadanya Anak itu berkenan menyatakannya.
YOH 5:23 supaya semua orang menghormati Bapa. Barangsiapa tidak menghormati Anak, ia juga tidak menghormati Bapa, yang mengutus Dia.

Tuhan Yesus mempunyai kuasa mengampuni dosa Hak ini yang hanya ada pada Allah, jadi Tuhan Yesus adalah Allah.
MAR 2:5 Ketika Yesus melihat iman mereka, berkatalah Ia kepadanya orang lumpuh itu: "Hai anakKu, dosamu sudah diampuni!"
MAR 2:10 Tetapi supaya kamu tahu, bahwa di dunia ini Anak Manusia berkuasa mengampuni dosa" -- berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu --: ... dst
LUK 7:48 Lalu Ia berkata kepada perempuan itu: "Dosamu telah diampuni."

Tuhan Yesus disembah Ia bukan makhluk karena Ia adalah Pencipta :
FIL 2:9 Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepadaNya nama di atas segala nama,
FIL 2:10 supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di bawah bumi,
WAH 5:11 Maka aku melihat dan mendengar suara banyak malaikat sekeliling takhta, makhluk-makhluk dan tua-tua itu; jumlah mereka berlaksa-laksa dan beribu-ribu laksa,
WAH 5:12 katanya dengan suara nyaring: "Anak Domba yang disembelih itu layak untuk menerima kuasa, dan kekayaan, dan hikmat, dan kekuatan, dan hormat, dan kemuliaan, dan puji-pujian!"
WAH 5:13 Dan aku mendengar semua makhluk yang di sorga dan yang di bumi dan yang di bawah bumi dan yang di laut dan semua yang ada di dalamnya berkata: "Bagi Dia yang duduk di atas takhta dan bagi Anak Domba, adalah puji-pujian dan hormat dan kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya!"
WAH 5:14 Dan keempat makhluk itu berkata: "Amin." Dan tua-tua itu jatuh tersungkur dan menyembah.

1 komentar:

  1. casino, poker room, blackjack, bingo
    casino, poker https://tricktactoe.com/ room, blackjack, bingo https://vannienailor4166blog.blogspot.com/ room, blackjack, bingo gri-go.com room, poker room, poker room, poker room, poker room, https://sol.edu.kg/ poker room, poker room, novcasino

    BalasHapus